Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Wednesday, September 10, 2014

Campak atau GABAGEN


Campak atau yang sering kita ketahui dengan penyakit GABAGEN adalah penyakit yang sering menyerang anak-anak dan merupakan penyakit menular.

BAGAIMANA MENGENALI PENYAKIT CAMPAK ?

Penyakit Campak itu mempunyai tanda atau gejala sebagai berikut :

A. Tahap Awal (hari 1 sampai hari ke-3)

Biasanya didahului dengan panas, anak kelihatan lemah-lesu, sering disertai dengan batuk-pilek
Mata memerah, keluar air mata (nrocos) kalau kena sinar yang terang terasa sakit
B. Tahap Lanjut (hari ke-4 sampai hari ke-5)

Anak bertambah panas, batuk semakin ngikil dan ingusnya semakin bertambah banyak
Keluar bintik-bintik merah. Kalau ibu-ibu sekalian mengamati, ternyata bintik –bintik merah tersebut muncul pertama kali dari belakang telinga kemudian ke dahi kemudian ke leher dan kemudian menjalar ke badan sampai ke ke dua kaki si anak
Setelah bintik-bintik merah itu tersebar merata ke seluruh tubuh, baru panas badannya turun.
C. Tahap Penyembuhan (hari ke-6 sampai hari ke-9)

Biasanya mulai hari ke-6 bintik-bintik merah akan berubah warnanya menjadi kehitaman dan akan mulai berangsur-angsur hilang.
Pada saat itu juga, panas badan sudah mulai menurun, batuk dan pilek sudah mulai sembuh
Yang kami kemukakan di atas adalah perjalanan penyakit campak yang tanpa disertai dengan infeksi kuman lain. Jadi ibu-ibu sekalian tidak perlu khawatir kalau ada anggota keluarga ibu yang terkena campak, karena sebenarnya penyakit campak itu bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan.

Perlu ibu-ibu sekalian ketahui, bahwa bisa jadi bintik-bintik merahnya sudah hilang tapi diare, batuk dan pileknya tidak berangsur-angsur sembuh juga panas badannya tidak turun-turun atau matanya masih tetap memerah. Saat itu ibu harus memikirkan bahwa anak ibu selain kena campak juga kemasukan kuman lain.

BAGAIMANA CAMPAK ITU MENULAR KE TUBUH ORANG LAIN

Campak adalah penyakit menular. Mau tahu cara penularannya, simak beberapa pesan-pesan berikut ini :

Saat penderita campak batuk atau bersin maka penderita akan menyemprotkan titik-titik cairan ludah atau ingus yang banyak mengandung kuman Campak. Bayi atau anak yang berada di dekat penderita akan terkena percikan ludah atau ingus yang mengandung kuman Campak tersebut. Setelah itu kumannya masuk ke saluran nafas si-bayi atau si-anak yang ada di dekatnya tadi melalui hidung. Jadinya anak atau bayi tersebut ketularan penyakit campak.

BERAPA KALI SESEORANG DAPAT SAKIT CAMPAK

Perlu diketahui bahwa penyakit campak Insya Alloh hanya diderita sekali seumur hidup. Jadinya bagi ibu-ibu yang sudah kena campak tidak usah khawatir akan kena campak lagi karena sering menggendong anaknya yang sedang sakit campak. Kalaupun ada orang yang sakit campak atau GABAG untuk yang kedua kalinya, sebenarnya penyakit campak yang kedua kalinya ini bukanlah penyakit campak yang sebenarnya.

APA YANG BISA IBU LAKUKAN TERHADAP PENDERITA CAMPAK

Berikan makanan yang bergizi tinggi untuk si prnderita campak, seperti : susu, telur dan madu.
Kalau anak anda panas, kompreslah anak ibu dengan air dingin atau kalau punya berikan obat penurun panas
Segera lapor ke Puskesmas terdekat.
Bagaimana mencegah penularan Penyakit Campak

Mengingat bahwa penyakit campak mudah sekali menular, maka bila ada anggota keluarga atau tetangga yang sakit campak usahakan agar anak-anak ibu yang belum kena campak tidak bergaul dulu dengan si penderita campak.

Atau bisa jadi anak yang sedang sakit campak dilarang ke luar rumah sebelum sembuh benar, karena akan menulari orang lain.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

Post a Comment